oleh

Wisata Alam Air Terjun Potensi Wisata di Sumut

example banner

Medan, MetroInvestigasi.com | Sumatera Utara merupakan daerah yang sangat kayaakan potensi wisata alam. Hal ini dapat dilihatdari potensi wiata yang dimilki sebagaimana banyak terekspos melaui media social. Dainatara media social salah satunya direlis melalui instagram Mad Photografer. Informasi-informasi tentang pariwisata di sumatera Utara cukup mempesona dan banyak diminati oleh masyarakat dan juga para turis mancanegara.

Diantara daerah yang menyimpan potensi wisata alam itu adalah : Pakpak Bharat adalah sebuah kabupaten di Provinsi Sumatera Utara yang berdiri pada tahun 2003. Kabupaten ini merupakan kabupaten agraris, karena perekonomiannya terfokus pada pertanian. Lokasinya cakup strategis, dikelilingi oleh beberapa kabupaten. Di bagian Utara, Pakpak Bharat berbatasan dengan Kabupaten Dairi, yaitu kabupaten induk sebelum pemekaran.

Bagian Selatan berbatasan dengan Kabupaten Tapanuli Tengah. Bagian Barat berbatasan dengan Kabupaten Aceh Singkil (Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam) dan Kota Subulussalam (Provinsi NAD). Bagian Timur berbatasan dengan Kabupaten Samosir dan Kabupaten Humbang Hasundutan. Sejak didirikan pada tahun 2003, Kabupaten Pakpak Bharat telah mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pembangunan, mulai dari pembangunan jalan, sekolah, lokasi dan gedung perkantoran. Begitu juga dengan tempat wisata Pakpak Bharat, walaupun akses menuju lokasi wisata masih terbilang sulit ditempuh. Mungkin hal ini menjadi alasan mengapa objek wisatanya belum banyak dikenal oleh wisatawan dari luar Pakpak Bharat.

Walaupun demikian, keindahan alam tempat wisata Pakpak Bharat tersebut tetap menarik perhatian banyak orang untuk berkunjung. Yuk kenalan dengan tempat wisata Pakpak Bharat yang punya pemandangan indah ini!

Lae Simbilulu

 

Lae basaha asli Pakpak ini jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti “Air”. Lae Simbilulu merupakan destinasi wisata air terjun (bahasa Pakpak: sampuren) yang sangat populer di Pakpak Bharat, karena saat berada di sana, kita dapat melihat dua air terjun sekaligus.

Tempat wisata Pakpak Barat yang menawarkan keindahan alam ini ada di Desa Prongil Julu, Kecamatan Tinada.

Penamaan Simbilulu juga memiliki cerita rakyat tersendiri yang tersebar di masyarakat hingga saat ini. Konon terdapat sebuah keluarga sedang mencari anaknya yang hilang bernama Sinamo.

Saat ditemukan, ternyata Sinamo sedang bermain di kaki dua air terjun yang sebelumnya belum diketahui orang keberadaaannya.

Akhirnya tempat itu dinamakan Simbilulu, yang dalam bahasa Indonesia berarti “mencari.”

Wisatawan tidak akan rugi berada di sana. Bahkan alam sering menyambut dengan hangat, sehingga wisatawan dapat melihat langsung pelangi di genangan Lae Simbilulu.

Selain itu, wisatawan tidak perlu mengeluarkan Rupiah untuk masuk ke area air terjun. Jika datang dengan kendaraan beroda dua, wisatawan hanya perlu membayar Rp 2000 untuk fasilitas parkir kendaraan roda dua, dan Rp 4000 untuk kendaraan beroda empat.

 

Lae Une

Beberapa orang mungkin merasa Lae Une adalah air terjun yang paling populer di Pakpak Bharat.

Buktinya, jika kita bertemu dengan orang-orang dari luar Pakpak Bharat, misalnya Dairi, kemungkinan mereka mengenal Lae Une tampaknya lebih besar dibanding Simbilulu.

Air terjun ini berada di Kecupak, desa yang terletak sekitar 7 km dari Salak. Lae Une cukup sering menjadi pilihan tempat piknik keluarga saat akhir pekan.

Mungkin hal ini disebabkan karena akses jalan yang lebih mudah ditempuh dibanding destinasi alam lain di Pakpak Bharat. Tempat wisata Pakpak Bharat ini ternyata masih gratis lho!

Lae Singgabit  

 

Tempat wisata Pakpak Bharat alam ini memang sudah ada sejak dulu, namun tampaknya baru hits di akhir tahun 2016. Lokasinya berada di antara Dusun Rahib dan Dusun Keleng, Desa Mahala, Kecamatan Tinada.

Akses menuju destinasi wisata yang satu ini memang terbilang sulit, karena harus ditempuh dengan berjalan kaki selama 60-70 menit.

Namun bagi pecinta alam dan orang-orang yang memiliki jiwa petualang,  hal tersebut tidak akan menjadi masalah. Bagaimanapun juga, kelelahan akan terbayar dengan keindahan destinasi alam yang dituju.

 

 Lae Sipitu-pitu

Lae Sipitu-pitu atau lebih sering disebut Sampuren Sipitu-pitu terletak di Dusun Lebbuh Neur, Desa Kuta Jungak, Kecamatan Siempat Rube.

Sama seperti Lae Singgabit, tempat wisata Pakpak Bharat ini tampaknya baru hits di akhir tahun 2016. Mungkin alasannya juga cukup klasik, akses yang sulit ditempuh.

Wisatawan harus memakirkan kendaraan di Desa Kuta Jungak, lalu berjalan sekitar 40-60 menit untuk mencapai Sipitu-pitu. Tapi kembali pada alasan di atas, untuk pecinta alam dan para petualang, waktu tempuh bukan menjadi masalah besar.

Air terjun ini memang unik, karena merupakan air terjun yang terdiri dari tujuh tingkatan, seperti tangga. Itu sebabnya destinasi alam ini disebut Sipitu-pitu, karena pitu adalah bahasa Pakpak yang berarti ”tujuh”.

Delleng Simpon

Delleng berasal dari bahasa Pakpak yang berarti “bukit”. Semua orang yang tinggal di Pakpak Bharat mungkin tahu Delleng Simpon, meskipun belum pernah ke sana. Tempat wisata Pakpak Bharat ini sangat populer.

Lokasi Delleng Simpon berada di Desa Rumerah, tepatnya di perbatasan antara Kabupaten Pakpak Bharat dan Kabupaten Humbang Hasundutan. Bukit ini memiliki ketinggian 1325 meter di atas permukaan laut.

Bagi para pendaki gunung yang sedang berada di Pakpak Bharat, Delleng Simpon dapat menjadi pilihan destinasi yang tepat.

Tempat ini juga kerap dijadikan sebagai lokasi perkemahan oleh  anak-anak pramuka dan siswa pecinta alam dari sekolah-sekolah di Pakpak Bharat.

Terbukti kalau alam Indonesia memang sangat cantik dan punya ciri khasnya masing-masing. Makanya kamu juga wajib menjelajah tempat wisata Pakpak Bharat yang ada di pulau Sumatera ini. Apalagi kamu yang memang suka sama wisata alam khususnya air terjun.

Potensi wisata Dairi

Berbicara tentang wisata Sumatera Utara, selama ini banyak imag wisatawan memandang Danau Toba, yang menyimpan keindahaan luar biasa. Selain itu disusul sederetan lainnya tentang wisata alam yang sangat diminati wisatawan mancanegera.

Namun selain Danau Toba, ternyata wisata alam yang sangat  berpotensi masih banyak lagi yang belum dipopulerkan di daerah ini, namun sudag banyak diknjungan masyarakat luas. Wisata alam sebagaimana yang direlis dari berbagai instagram para pencinta lingkungan ini dirangkai dalam bentuk jurnalis sebagai sarana penembangan Pariwisata di Sumatera Utara.

Meski demikian, Sumatera Utara juga punya satu kawasan yang memiliki potensi wisata luar biasa, yaitu Dairi. Berikut ini adalah beberapa lokasi wisata di Dairi yang layak untuk dikunjungi. Diantara lokasi wisata alam tersebut diantaranya

Air Terjun Lae Pendaroh

 

Pastinya, seperti kebanyakan wisata air terjun lainnya, pemandangan di sekitar air terjun ini bakal memukau kamu, dan udaranya juga sejuk karena masih alami dan asri.

Akses ke air terjun ini juga mudah, karena berada di pinggir jalan, sehingga pengunjung tak akan kesulitan mencapai air terjun ini.

Yang unik dari air terjun ini adalah kadang warna airnya akan berubah menjadi merah. Biasanya ini terjadi pada saat musim hujan.

Dari sekian banyak air terjun yang selama ini tekrneal dengan sigura-gura, dan sipiso-sipiso, kali ini dapat disajikan air terjun yang berasal dari kabupaten Dairi ini cukp mempesona dan menambah sederetan potenis wisata alam di Sumatera Utara.

Hal ini sangat menjanjikan PAD bagi daerah, jika hal ini tetap terjaga dengan vaik dan dikelola dengan profesional.

Rumah Adat Pakpak

Rumah Pakpak adalah rumah adat yang digunakan oleh suku Pakpak. Tentunya tempat ini cocok bagi kamu yang ingin berwisata budaya, karena rumah ini penuh nilai budaya leluhur.

Kamu bisa belajar berbagai hal di sini, seperti misalnya bagaimana nenek moyang kita hidup dulu, agar budaya asli Nusantara jangan sampai hilang karena termakan zaman.

Sebagai pesona wisata lainnya, rumah adat Pakhpakbharatjuga tidakkalang penting sebagai daerah tujuan wisata yang dapat dipopuler sebagai destibasi wisata di Indonesia,khususnya di Sumatera Utara.

Potensi ini sangat baik untuk dikembangkan sebagai warisan leluhur dengan beragam suk di Indonesia dan ini bukti sejarah bahwa Idonesiaterdiri dai berabagai suku, banngsa.

 

Danau Sicike-cike

Danau yang terletak di Desa Pancar Nuli, Kecamatan Sidikalang, Dairi ini memiliki keindahan alam yang memukau dan membuat hati siapa pun yang ada di danau ini jadi tenteram.

Di sekeliling danau ini terdapat berbagai macam flora dan fauna, menambah nuansa alami tempat ini.

Kegiatan yang bisa dilakukan di sini antara lain adalah kegiatan lintas alam, berkemah, atau hanya untuk sekadar foto-foto guna menambah khasanah dan dokumentasi tentang keindahaan alam nusantara khususnya di Sumatera Utara.

 

Berbeda dengan pemandian pada umumnya yang memiliki air bersuhu hangat atau bahkan panas, di pemandian Lau Timah ini airnya justru dingin.

Air tersebut berasal dari celah-celah bebatuan, yang uniknya berwarna biru terang.

Selain menyuguhkan pemandangan sekitar yang indah dipandang, air di pemandian ini ternyata memiliki khasiat.

Konon, air di pemandian ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit, seperti asam urat, atau penyakit kulit.

Banyak orang yang sudah membuktikan khasiat dari air ini.

 

Tao Silalahi

Letak dari Tao Silalahi ini berdekatan dengan Danau Toba, jadi tempat ini cocok buat kamu yang mau menikmati pemandangan Danau Toba yang sudah mendunia itu.

Keindahan di tempat ini berupa bentangan pantai yang indah, disertai dengan latar perbukitan hijau yang memukau.

Hal tersebut membuat siapa pun terbius, dan jadi betah berlama-lama di sana. Di sini, kamu bisa berenang, mengelilingi danau dengan perahu, atau hanya sekadar bersantai saja. Bahkan kamu juga bisa berselancar di sini.

 

Air Terjun Lae Mbilulu

Daya tarik dari air terjun ini adalah adanya dua air terjun yang mengalir secara bersamaan, sehingga disebut juga air terjun kembar.

Untuk bisa menikmati air terjun ini, kita   harus sedikit berusaha dulu, karena perjalanan menuju air terjun ini yang tergolong cukup sulit.

Sebelum mencapai air terjun ini, kamu harus melalui perbukitan, jembatan gantung, dan juga jalanan yang licin. Namun semua akan terbayarkan saat sudah mencapai air terjunnya. Air terjun di sini tergolong jernih.

Ini salah satu daya tarik wisata alamyang berada di Sumatera Utaratepatnya di kabupaten Dairi.

Daerah yang cukup muda di jangkau dengan melalui jalandarat ini sangatberpotensi sebagaidaerah wisa alam yang brtujuan menggali pariwisata di Sumatera Utara.

 

 

 

Hutan Lae Pondom

 

Hutan ini terletak di perbatasan antara Dairi dan Karo. Hutan ini masih tergolong alami dan asri, dan kamu bisa menikmati udara segar yang bebas dari polusi.

Hanya saja, sekarang ini dikabarkan hutan ini mulai rusak karena ulah orang yang tak bertanggung jawab. Semoga saja hutan ini bisa kembali seperti dulu.

Sebenarya hutan ini sangat layak dan cocok sekali untuk tempatwisata alam yang perlu dikembangan. Oleh karena itu utan ini sebagai paru-paru duniadapatdikembangankan selain sebagai wisata vafi wisatawan mancanegara.

 

 

Pantai Paropo

Tempat ini menawarkan pemandangan Danau Toba yang tiada duanya.

Di sini, kamu bisa berkemah dan juga memancing. Kegiatan memancing juga jadi tak terasa, karena di tempat ini udaranya sejuk, sehingga kamu bisa memancing sambil ditemani angin sepoi-sepoi.

Tidaksedikit orang yang datang ke daerah ini, merasa betah dan malas untuk beranjak, Saking betahnya, mungkin kamu bisa sampai lupa waktu di sini.

Lokasi ini sosok untuk kemah dan acara lainnya.

 

Taman Wisata Iman Sitinjo

Yang menjadi daya tarik utama dari taman ini adalah terdapatnya 5 rumah ibadah untuk masing-masing agama yang ada di Indonesia. Bahkan, letak dari 5 rumah ibadah itu berdekatan.

Hal itu menggambarkan simbol toleransi warga Dairi. Terdapat pula Taman Firdaus di sini, yang berisikan wahana berupa ruang painting tiga dimensi dan juga ruang laser.

Sebagai daerah yang berpotensidijadikan wisata, bukanlah sekadar mengekploisatsi, namun lebih memfokuskan sebagai daerah tujun wisata di daerah khususnya Sumatera Utara dan Nusantara. Potensi-potensi wisata ini, sudah tidak asing lagi di Sumatera Utara.

Masih banyak daerah yang sangat berpotensi di daerah ini,jika digali secara terus menerus.

 

Sungai Lae Renon

 

Sungai Lau Renun adalah sungai paling panjang di Kabupaten Dairi, dan memiliki arus yang cukup deras.

Arus yang deras ini tak membuat wisatawan enggan mengunjunginya, bahkan mereka memanfaatkan arus yang deras ini untuk wahana arung jeram.

Tentunya melakukan arung jeram di sini bakal memacu adrenalin kamu.

Sungai ini sangat cocok untuk kegiatan olahraga arung jeram,  dan sudah  banyak dilaksakan oleh masyarakat didaeah tersebut, selain sungainya jerni lokasinya juga sangat lua.

Kamu harus mempersiapkan semuanya jika ingin arung jeram di sini, agar tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. (sumer instgram/Int)

example banner

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed