oleh

Antisipasi Dampak Sosial Ekonomi Penanganan Covid-19, Pemkab Rohil Siapkan Paket Bantuan Untuk Masyarakat

example banner

Rokan Hilir | metroinvestigasi.com – Bupati Rokan Hilir H Suyatno bertekad akan mengerahkan seluruh kemampuan dan perangkat Pemkab Rohil untuk mengatasi penyebaran Virus Corona di Kabupaten Rokan Hilir.

Menurut Bupati Rokan Hilir sebagaimana yang disampaikan oleh Plt. Kadis Kominfo Tika Kabupaten Rokan Hilir S.Sos bahwa wabah Covid- 19 ini merupakan virus yang sangat luar biasa dalam penyebarannya sehingga perlu langkah langkah yang menyeluruh dan kerja sama yang aktif dari masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona ini.

Kita melihat di beberapa kota di Indonesia penyebaran virus ini sangat luar biasa dalam beberapa hari saja peningkatan orang yang terpapar virus ini sangat melonjak .

Menurut Bupati Rohil melalui Plt. Kadis Kominfotiks terkait penanganan Covid-19 yang masih berlanjut sampai hari ini sudah pasti akan membawa dampak terhadap kondisi kehidupan masyarakat terutama kalangan yang tidak mempunyai penghasilan tetap , untuk itu Bupati telah memerintah kan seluruh dinas untuk memotong beberapa mata anggaran guna dialihkan untuk mengatasi permasalah dampak sosial ekonomi masyarakat Rohil ” ujar Hermanto S.Sos dalam konferensi pers di ruang media center tanggap Covid- 19 di Mess Datuk Batu Hampar, Kamis (2/4/2020).

Harus disadari, dampak wabah Covid-19 memang tidak bisa dihindari. Selain mengancam keselamatan jiwa, penyebaran corona juga telah menyebabkan perekonomian nyaris lumpuh. Untuk itu, perlu keselarasan antara penanganan kesehatan masyarakat dan upaya mengurangi dampak negatif corona ke penghasilan masyarakat.

Berdasarkan data yang ada, di Kabupaten yang berjuluk Negeri Seribu Kubah ini, warga yang menerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) berjumlah lebih kurang 16.000 Kepala Keluarga. Namun dikarenakan banyaknya masyarakat tidak dapat memperoleh penghasilan, maka warga yang terdampak dari pencegahan Covid 19 ini akan melebihi dari angka tersebut.

Dana yang dihimpun dari pemangkasan anggaran dan penundaan kegiatan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir ini, selain akan digunakan untuk mengadakan alat-alat kesehatan, Alat Pelindung Diri (APK) serta barang logistik lain yang diperlukan dalam mencegah terjangkitnya dan Penularan Covid 19, juga pengadaan paket sembako yang akan diberikan kepada masyarakat terdampak dari kebijakan penanggulangan Penyebaran Corona Virus saat ini.

Terkait kriteria keluarga yang akan mendapatkan bantuan, pendataan nya dilakukan oleh masingmasing Lurah ataupun Kepenghuluan dengan memberdayakan Ketua Rukun Tetangga (RT), karena RT lah yang mengetahui persis kondisi ekonomi warganya.

Semakin cepat Kelurahan atau Kepenghuluan dalam melaksanakan penjaringan warganya yang patut dan layak untuk menerima bantuan, maka semakin cepat pula bantuan untuk masyarakatnya disalurkan.

Sedangkan mekanisme pendistribusiannya akan dikelola langsung oleh Dinas Sosial ke Kelurahan atau ke Kepenghuluan yang ada dimasing-masing kecamatan.

Dikesempatan yang sama Hermanto S.Sos juga menyampaikan himbauan Bupati Rokan Hilir, H. Suyatno agar masyarakat untuk semakin disiplin dan mendukung himbauan Pemerintah agar tidak membuat keramaian dan berkumpul guna memutus mata rantai Penyebaran Covid-19. ( $y.B )

example banner

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed