oleh

230 Jamaah Haji Asal Indonesia Meninggal Dunia

example banner

SERGAI | METRO INVESTIGASI – Sebanyak 230 orang jamaah Haji asal Indonesia meninggal dunia di Arab Saudi dan juga ada dalam kondisi sakit. Kini, para jamaah haji asal Indonesia tengah bersiap-siap kembali ke tanah air setelah sebelumnya berziarah ke Thaif Mekkah.

Hal ini dikatakan Ketua TPHD Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), H Soekirman yang juga Bupati Sergai, kepada Kepala Dinas Kominfo, H Akmal Koto melalui WaatShapp, Selasa (20/8).

Setelah melaksanakan beberapa rangkaian ibadah haji, sebagian jamaah haji banyak yang mengalami penurunan daya tahan tubuh.

Menurut Dr Arifah dari tim PPIH promotif preventif Depkes, angka sakit dan meninggal dunia meningkat setelah melaksanakan Armuna. Penyebabnya antara lain, karena keletihan, cuaca extrim dan metabolic, serta faktor stress.

Lebih lanjut disampaikan Soekirman, hingga saat ini jumlah jamaah Indonesia meninggal di tanah suci mencapai lebih dari 230 orang. Sementara jamaah yang mulai sakit dan tidak bisa ditangani di posko kloter, dirujuk ke KKHI sektor. Akan tetapi, jika masih tidak teratasi maka akan dirujuk ke RS Arab Saudi.

Dikatakan Bupati, meskipun kematian adalah takdir Allah, tetapi manusia perlu berikhtiar khususnya dalam menjaga kesehatan. Dokter juga menyarankan agar jamaah ikut anjuran banyak minum, memakai masker, dan menjaga kondisi fisik, katanya. (maren)

example banner

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed