Partai Gerindra Rekomendasikan Aci - Lom Lom, Pengamat : Tak Representasi Putra Asli Deli Serdang.



Teks Foto: Pengamat Politik Intelejen Ekonomi dari Unimed Dr. Salman Munthe. (Ist).



Reporter : T Rizal.
Editor      : Sunanda Siregar.









DELI SERDANG // METROINVESTIGASI.COM


Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra akhirnya mengeluarkan rekomendasi resmi untuk dr Asri Ludin Tambunan (Aci)- Lom Lom Suwondo sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Deli Serdang pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024. Rekomendasi itu, Pengamat Sosial Politik Intelejen Ekonomi dari Universitas Negeri Medan (Unimed) Dr. Salman Munthe, M,Si menilai tidak merepresentasikan putra asli Kabupaten Deli Serdang.

"Pasangan ini, tidak atau belum merepresentasikan Putra asli Deli Serdang yang seharusnya menjadi prioritas utama untuk bertarung dan berkompetisi Pilkada yang akan datang. Kita patut merasa khawatir akhir-akhir ini dengan iklim dan substansi demokrasi kita yang menurun dan mengkhawatirkan," kata Dr. Salman, kepada wartawan, ketika dimintai tanggapannya, Minggu (28/07/2024).

dr Aci Bakal Calon (Balon) Bupati Deli Serdang yang direkomendasikan Partai Gerindra saat ini menjabat Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Deli Serdang yang diketahui anak almarhum Amri Tambunan Bupati Deli Serdang 2 periode, juga merupakan keponakan dari Ashari Tambunan, Bupati Deli Serdang 2 periode sejak tahun 2014 hingga 2023, hingga kini masih tinggal di Kota Medan. 

Sementara pendampingannya Balon Wakil Bupati Deli Serdang, Lom Lom didapat informasi dari lazen.id profil Lom Lom Suwondo info Pemilu berdomisili juga di Kota Medan yang merupakan Calon Legislatif (Caleg) DPRD Sumut Daerah Pemilihan (Dapil) 12 meliputi Kota Binjai dan Kabupaten Langkat, namun gagal duduk dengan hanya meraih 758 suara. 

Dr. Salman menyebut, mestinya Partai Politik menyerap aspirasi masyarakat. Setidak-tidaknya ada alat atau instrumen yang bisa digunakan untuk mengukur aspirasi masyarakat bawah soal tokoh-tokoh yang akan didukung dalam pilkada yang akan datang.

"Menurut data yang saya baca, tokoh yang didukung oleh Partai Politik justru bukan warga Kabupaten Deli Serdang melainkan warga daerah lain. 
Sah-sah saja memang, tetapi itu tidak memberikan moral politik yang baik bagi para Putra dan Putri Kabupaten Deli Serdang," sebutnya.

Awalnya Dr. Salman menjelaskan, selain Partai Gerindra dr Aci yang telah mengantongi rekomendasi PDI-P, berkaitan dengan dukungan Partai - Partai Politik besar dalam Pilkada Kabupaten Deli Serdang itu, Dr. Salman mengatakan pertama, Partai Politik adalah representasi dari suara rakyat yang harus diperjuangkan oleh Partai Politik dan itu harus tergambarkan dalam orang atau tokoh yang didukung dalam perhelatan demokrasi yang sebentar lagi akan dilaksanakan. 

"Kedua saya ingin mengingatkan Partai - Partai Politik bahwa demokrasi kita sedang menuju kepada demokrasi Prosedural. Kualitas demokrasi kita cenderung menurun. Padahal sebenarnya demokrasi yang paling penting adalah demokrasi Substantif. Atau demokrasi yang berkualitas menjalankan kaidah-kaidah demokrasi secara terbuka jujur dan adil," katanya. 

Dr. Salman juga mengomentari soal dinasti politik yang terjadi di Deli Serdang. Katanya, politik dinasti sedang menjadi diskursus nasional yang hari ini sedang merasuki perpolitikan mulai dari nasional sampai dengan daerah. "Tentu saja banyak orang beralasan bahwa dalam demokrasi tidak ada istilah dinasti politik karena yang akan memilih adalah rakyat. Lagi-lagi saya mau katakan bahwa kualitas demokrasi itu penting. Partai Politik gagal menyuguhkan dan menyajikan pilihan-pilihan alternatif calon pemimpin yang lebih variatif," ungkapnya.

Dengan fenomena itu, Dr Salman berpandangan Partai Politik harus kembali kepada Substansi Demokrasi itu sendiri. "Jika kepemimpinan mulai dari level nasional sampai dengan level daerah distribusi kekuasaan tersumbat, dan terkesan itu itu saja alias dinasti politik, itu artinya memang Partai Politik kehilangan tempat di hati rakyat," ujarnya.

Instrumen yang lumrah dan lazim digunakan sebagai alat untuk mengukur aspirasi dan keinginan masyarakat, kata Dr Salman dapat tergambar dalam hasil survei yang dilakukan secara ilmiah yang mestinya harus dijadikan sebagai salah satu acuan penting dalam menentukan siapa yang akan dicalonkan dalam pemilihan ke depan. Misalnya Zakky Shahri Ketua DPC Gerindra sekaligus Ketua DPRD Deli Serdang, HM. Subandi Anggota DPRD Sumut Fraksi Gerindra dan Kiki Handoko Sembiring Anggota DPRD Sumut terpilih dari Partai Gerindra.

"Soal ada banyak lembaga survei yang melakukan survei dengan hasil yang berbeda-beda kan bisa dilakukan dengan cara membandingkan antar lembaga survei 1 dengan lembaga survei lain dan itu kan bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah," tutupnya.

Sementara sebelumnya Partai Gerindra resmi mengusung Asri Ludin Tambunan dan Lom Lom Suwondo sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Deli Serdang. 

Sekretaris Gerindra Sumut Sugiat Santoso ketika dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp (WA) meneruskan surat rekomendasi itu dalam bentuk FDP yang tertulis surat rekomendasi bernomor 07-1145/Rekom/DPP-GERINDRA/2024, dikeluarkan pada 18 Juli 2024 dengan ditandatangani Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Sekretaris Umum Gerindra Ahmad Muzani. 

Sugiat saat ditanya pertimbangan Partai Gerindra merekomendasikan Asri Ludin Tambunan dan Lom Lom Suwondo, tidak menjelaskan dan hanya  membenarkan Partai Gerindra sudah mengeluarkan rekomendasi untuk Pilkada Deli Serdang. "Sudah," katanya singkat.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama