Puluhan Masyarakat Akan Demo Camat Dan Lurah Sei Sikambing B Medan Sunggal Terkait Trotoar Yang Dipasang Pagar.



MEDAN // Metroinvestigasi.com

Puluhan masyarakat Medan Sunggal rencananya akan melakukan demonstrasi di kantor Camat Sunggal dan Lurah Sei Sikambing B (SSB). Pasalnya, pejabat pemerintah di wilayah mereka tersebut diduga telah menerima suap sehingga tidak mau membongkar pagar yang mengkerangkeng trotoar.

Salah seorang warga, Ming mengungkapkan bahwa aksi tersebut merupakan bentuk kekecewaan masyarakat yang haknya sebagai pejalan kaki dihilangkan secara paksa, tanpa alasan yang masuk akal.

"Benar bang. Kami mau demo Camat dan Lurah. Kok bisa trotoar dipagari. Itu bukan hak milik pribadi. Mau kami sebut terima suap kan gak mungkin. Tapi nyatanya lihat sendiri, trotoar ditutup," jelasnya, Kamis (10/08/2023) sore.

Ming menyesalkan Camat Medan Sunggal, T. Chairuniza seakan tutup mata dan Lurah SSB, M. Iqbal seenaknya berkomentar tanpa disertai regulasi yang jelas. Ia berharap keduanya lekas menyadari perbuatannya dan mengembalikan kepentingan umum.

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan Camat Medan Sunggal, T. Chairuniza dan Lurah SSB, M. Iqbal belum memberikan konfirmasi apapun. 

Pengamat hukum, M. Hendrik Paris Hutapea SH menegaskan bahwa pemagaran trotoar dengan alasan apapun tidak dibenarkan. Penghalang di lokasi pejalan kaki yang telah berlangsung cukup lama menimbulkan kecurigaan adanya upeti bagi aparatur pemerintah setempat.

"Sudah cukup lama. Kalau alasan mesum. Besok-besok taman teladan, taman Ahmad Yani itu ditutup juga. Karena ada juga orang mesum dan pernah viral. Kasih solusi yang cerdas dikitlah. Jangan nampak kali ada kepentingan," sindir Hendrik.

Lanjutnya, pemagaran trotoar sebenarnya dilarang dalam PP Nomor 34 Tahun 2006 tentang jalan. Berdasarkan Pasal 28 ayat (2) UU LLAJ, setiap orang dilarang melakukan perbuatan yang mengakibatkan gangguan pada fungsi perlengkapan jalan.

Dalam pada 274 ayat 2 UU LLAJ juga ditegasnua bahwa bagi setiap orang yang mengakibatkan gangguan pada fungsi perlengkapan jalan adalah dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 tahun atau denda paling banyak Rp24.000.000.

Ditambah lagi dalam Lasal 275 ayat 1 dalam regulasi yang sama, dinyatakan bahwa setiap orang yang melakukan perbuatan yang mengakibatkan gangguan pada fungsi Rambu Lalu Lintas, Marka Jalan, Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas, fasilitas Pejalan Kaki, dan alat pengaman Pengguna Jalan, dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp250.000.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama