Polsek Tanah Jawa Kembali Memberikan Makanan Tambahan Tahap IV Untuk Anak Asuh Polres Simalungun.



Reporter / Editor : Sunanda Siregar.


TANAH JAWA - Metroinvestigasi.com

Pemberian bantuan makanan tambahan bagi anak-anak yang terindikasi mengalami stunting kembali disalurkan oleh Polsekta Tanah Jawa yang menjadi perpanjangan tangan Polres Simalungun. Senin (22/05/2023).

Kegiatan Tahap Ke IV (Tahap terakhir) Pemberian Makanan Tambahan Anak asuh Polres Simalungun di Polsek Tanah Jawa adalah Untuk Pencegahan dan Penanganan Stunting di Kabupaten Deliserdang.

Setidaknya ada 110 Orang Anak Asuh Polres Simalungun yang diberikan bantuan makanan tambahan berupa susu, telur dan bubur kacang hijau.

Sementara ada puluhan anak asuh Polres Simalungun yang berada di Wilayah Hukum Polsek Tanah Jawa, yang tersebar di 5 Nagori Kecamatan Tanah Jawa.

Di wilayah hukum Polsek Tanah Jawa jumlah penanganan stunting dibawah asuhan Polres Simalungun sebanyak 30 orang anak dan pemberian di tahap IV (Tahap akhir) ini tercatat dengan hasil sangat baik.


Hal itu disampaikan Kapolsek Tanah Jawa Kompol Manson Nainggolan SH MSI usai memberikan bantuan makan tambahan disejumlah tempat.


Kapolsek Tanah Jawa Juga menjelaskan, "Hari ini kita menyerahkan bantuan makan tambahan untuk anak asuh Polres Simalungun di Balai Desa Nagori Maligas tongah, Nagori Baja Dolok, Balai Desa Balimbingan dan Balai Desa Tanjung Pasir Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun." Ungkapnya.

Pemberian Makanan Tambahan Tahap IV (Tahap akhir) terhadap Anak adalah Untuk Pencegahan Stunting kepada 30 orang Anak Asuh Polres Simalungun yang berada Wilayah Hukum Polsek Tanah Jawa.

Kegiatan Pencegahan dan penanganan Stunting kepada anak asuh Polres Simalungun yang ada di Wilayah Hukum Polsek Tanah Jawa menurut keterangan Dr Widi Saragih Kapus Puskesmas Tanah Jawa Setelah 60 hari bantuan makanan tambahan Kapolres Simalungun terhadap anak asuh Polres Simalungun terjadi peningkatan tinggi badan dan berat badan, sehingga di Wilayah Hukum Polsek Tanah Jawa anak-anak yang terindikasi mengalami Stunting semakin berkurang.

“Kami juga menghimbau kepada orang tua maupun Ibu-ibu hamil agar lebih sering memeriksa kesehatan, melakukan pencegahan stunting dengan cara yang disampaikan oleh pemerintah melalui Dinas Kesehatan, dan kami memberikan arahan agar para Nakes lebih efektif memberikan perhatian lebih bagi ibu-ibu hamil, harapan kita adalah anak-anak yang lahir tak lagi mengalami stunting. Kata Kapolsek Tanah Jawa.


Pantauan di lapangan, terlihat peserta yang mengikuti kegiatan pemberian makanan tambahan di sejumlah Nagori di Kecamatan Tanah Jawa, langsung diberikan oleh Kapolsek Tanah Jawa KOMPOL MANSON NAINGGOLAN SH M.Si dan didampingi 
Panit I Binmas Polsek Tanah Jawa IPDA SAFRIZAL, Kapus Puskesmas Tanah Jawa Dr Widi Saragih, KASIUM AIPTU P.E.PAKPAHAN, Panit 2 Binmas AIPTU AL.SIAHAN, Bhabinkamtimas AIPTU M.NUR NASUTION, Para Gamot, dan Masyarakat Penerima Bantuan Makanan Tambahan Untuk Anak.

Melalui Program ini diharapkan masyarakat merasakan kehadiran Polri sebagai penolong masyarakat guna membangun tingkat Kepercayaan terhadap Institusi Polri.

Program ini diadakan guna untuk mencegah stunting, yakni gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu yang lama. Kondisi ini menyebabkan penghambat perkembangan dan pertumbuhan bayi sehingga bayi menjadi pendek.

Peningkatan komitmen dan kapasitas stakeholder dalam meningkatkan, melindungi dan mendukung pemberian ASI dan MPASI serta dapat Berperan aktif dalam pelaksanaan Posyandu dan mengajak ibu hamil, ibu dan anak balita agar datang.

Ikut mempromosikan dan melaksanakan pola hidup bersih dan sehat di lingkungannya, serta dapat membantu tenaga kesehatan dalam mendampingi ibu hamil atau penanganan balita gizi kurang.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama