Diduga Anggara Dana Perawatan Tanaman Sawit Milik PTPN 3 Dimanipulasi Oknum, Akibatkan Tanaman Sawit Terlihat Kurang Perawatan Dan Nyaris Mati.


DELISERDANG - Metroinvestigasi.com

Sejumlah tanaman sawit milik PT Perkebunan Nusantara III (PTPN 3) di Afdeling I, Kebun Sei Putih, Distrik Serdang Dua, Kecamatan Galang Kabupaten Deliserdang, dipenuhi gulma hingga nyaris mati. Hal itu, diduga disebabkan kurangnya perawatan dari pihak PTPN 3 hingga tanaman sawit terserang hama.

Pantauan di lokasi, tampak terlihat areal perkebunan sawit di Afdeling I, Kebun Sei Putih tersebut dipenuhi rumput liar atau gulma khususnya lalang atau ilalang sehingga tampak arealnya semak dan tidak terawat. Tidak itu saja tanaman sawit yang diperkirakan Tanaman Ulang (TU) pada bulan September tahun 2022 ini juga terlihat nyaris mati. 

Tengku Rizal yang merupakan salah seorang Pemerhati Tanaman Sawit yang juga seorang Jurnalis mengatakan, kalau dirinya merasa sangat perihatin melihat kebun sawit milik PTPN 3 yang dipenuhi rumput liar atau gulma, seningga hal ini sangat mempengaruhi pertumbuhan pohon kelapa sawit. Karena untuk mencapai hasil panen yang maksimal, maka perawatan terhadap tanaman sawit, sedini mungkin harus betul-betul dilakukan.

Diketahui pada hal dana perawatan untuk tanaman Sawit sudah di siapkan oleh perusahan, namun kebun sawit milik PTPN 3 terlihat dipenuhi gulma hingga nyaris mati. Dengan keadaan tanaman yang kurang perawatan, sehingga kita meminta aparat penegak hukum untuk mengaudit dana perawatan tersebut.

"Pada hal setahu kita bersama, kalau dana perawatan untuk tanaman sawit sudah disiapkan (dikeluarkan) oleh perusahaan, akan tetapi mengapa kebun sawit nya, terlihat seperti kurang perawatan sehingga dipenuhi gulma dan nyaris mati. Ada apa ya....?, Apa kah diduga ada oknum-oknum karyawan dari PTPN 3 yang dengan sengaja memanipulasi anggara dana perawatan kebun sawit yang sudah disediakan oleh perusahaan. Kalau memang seperti itu adanya, saya selaku Pemerhati Tanaman Sawit meminta kepada pihak penegak hukum agar segera mengaudit dana perawatan kebun sawit tersebut, " ujar Rizal. Rabu (08/03/2023)

Sementara itu, ketika Senior Executive Vice Presiden (SEVP) Operasional PTPN III Darma B. Lessan saat di konfirmasi awak media terkait kebun sawit di Afdeling I, Kebun Sei Putih, Distrik Serdang Dua, Kecamatan Galang Kabupaten Deliserdang dipenuhi gulma hingga nyaris mati, melalui telepon selulernya, belum menjawab.









Reporter : Aprizal.

Editor      : S. Siregar.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama