Pasca 7 Unit Rumah Semi Permanen Terbakar, Warga Jalan Pembangunan Gg. Pelajar Desa Muliorejo Tinggal Di Tenda Pengungsian.


Teks foto : Terlihat suasana Tenda Pengungsian dari warga (korban) yang rumahnya  terbakar. (Nanda)


Sunggal - Metroinvestigasi.com


Pasca 3 hari setelah peristiwa kebakaran yang menghanguskan 7 unit rumah semi permanen milik warga yang berada di Jalan Pembangunan Gg. Pelajar Desa Muliorejo Kecamatan Sunggal DS, kini para korban tinggal di tenda-tenda yang berasal dari pihak Dinas Sosial Kabupaten Deli Serdang. 

Para warga (Korban) yang rumahnya (7 unit Rumah semi permanen) yang menjadi korban kebakaran merasa sangat kecewa atas sikap dan tindakan dari pihak Kecamatan Sunggal DS yang terkesan tidak mau tau dan tidak peduli atas nasib warganya yang rumahnya menjadi korban kebakaran beralamat di Jalan Pembangunan Gg. Pelajar Desa Muliorejo Kecamatan Sunggal DS. Jumat (10/02/2023) sore, sekira Pukul 15.30 wib.

Setelah 3 hari pasca kebakaran yang menghanguskan 7 unit rumah milik warga yang beralamat di Jalan Pembangunan Gg. Pelajar Desa Muliorejo Kecamatan Sunggal DS, baik perwakilan dari Kecamatan Sunggal mau pun Camat Sunggal sendiri hingga kini belom hadir untuk melihat kondisi warga yang rumahnya ludes terbakar dan belum ada sedikit pun bantuan dari pihak Kecamatan Sunggal DS.

Peristiwa kebakaran itu sendiri terjadi pada hari Rabu (08/02/2023) dinihari, sekira Pukul 04.00 Wib. Peristiwa kebakaran tersebut menghanguskan 7 unit rumah semi permanen milik warga yang berada di Jalan Pembangunan Gg. Pelajar Desa Muliorejo Kecamatan Sunggal DS.


Teks foto : Terlihat kondisi 3 unit Rumah semi permanen yang berada di Jalan Pembangunan Gg. Pelajar Desa Muliorejo Kecamatan Sunggal DS yang ludes terbakar. (Nanda)

Ada pun 7 unit rumah semi permanen yang ludes terbakar tersebut ditempati oleh 7 Kepala Keluarga yaitu  1. Agus Gunawan (48) yang juga sebagai Kadus Dusun IV Desa Muliorejo Kecamatan Sunggal DS, 2. Safrina Lubis (35), 3. M Saleh (55), 4. Rusmiati (57), 5. M Hendra (47), 6. Lusilwaty (45) dan 7. Ida Yati (51).

Pantauan di lokasi kebakaran yang menghanguskan 7 unit rumah semi permanen, tampak kalau warga yang rumahnya ludes terbakar tengah berkumpul dan tinggal di bawah Tenda milik STM dan Desa Muliorejo sembari membuka dapur umum yang merupakan bantuan dari warga sekitar lokasi kebakaran.

Saat awak media coba menemui warga yang rumahnya ludes terbakar mengungkapkan kalau warga merasa kecewa lantaran blom adanya perhatian dari pihak Kecamatan Sunggal DS, baik kehadiran dari perangkat Kecamatan Sunggal mau pun bantuan dari pihak Kecamatan Sunggal.

"Kami selaku warga Kecamatan Sunggal (warga yang rumahnya ludes terbakar) merasa kecewa karena dari pihak Kecamatan Sunggal dari awal peristiwa kebakaran hingga kini (3 hari setelah pasca kebakaran) blom ada datang untung melihat (memantau) kondisi warga yang terdampak akibat kebakaran mau pun bantuan dari Kecamatan Sungg pun blom ada sama sekali. Malahan yang sudah datang dan membantu kami selaku warga yang rumahnya terbakar adalah dari pihak Desa Muliorejo (memberikan bantuan berupa Sembako dan tali asih yang diserahkan langsung oleh Kepala Desa Muliorejo), pihak warga sekitar lokasi kebakaran (bantuan berupa pakaian bekas layak pakai dan sembako), OKP Pemuda Pancasila (Bantuan Berupa sembako), Dinas Sosial Kabupaten Deli Serdang dan Tagana Kabupaten Deli Serdang (membantu berupa 4 unit Tenda, Sembako dan perlengkapan masak baik sandang dan pangan untuk para pengungsi koban kebakaran), " ucap Ibu Rusmiati yang ditemui dilokasi kebakaran.


Teks foto : Terlihat Kepala Desa Muliorejo Hj. Nelly, Ketua Garda Nasdem Kecamatan Sunggal H. Jasa Wardani Ginting SE, Kasi Kesos, Kabid Linjamsos Dinsos Kabupaten Deli Serdang, Rismar Silaban saat memberikan bantuan berupa perlengkapan keluarga peralatan masak sandang dan pangan dari Pemkab Deli Serdang kepada para korban kebakaran. (Nanda)  

Hal senada disampaikan oleh Ibu Lusilawaty (yang rumahnya juga ikut terbakar) mengungkapkan, " Iya pak, memang dari pihak Kecamatan Sunggal DS belum ada hadir dari awal kebakaran hingga 3 hari setelah kebakaran untuk melihat keadaan kami dan pihak Kecamatan Sunggal DS pun memang belum ada memberikan bantuan apa pun. Tapi kami sebagai warga yang rumahnya terbakar berharap dan memohon bantuan dari pihak mana pun termasuk pihak Kecamatan Sunggal DS agar mau hadir melihat kondisi (situasi) kami dan mau membantu kami selaku korban. " ujar Lusilawaty (korban rumahnya yang terbakar) sembari bersedih melihat rumahnya yang sudah rata dengan tanah akibat terbakar.

Selain itu dari pihak Garda Nasdem Kecamatan Sunggal juga turut memberikan bantuan berupa bahan bangunan seperti : Semen, Seng, Batu Bata, Kayu dan Pasir.

"Kami selaku warga (korban yang rumahnya ludes terbakar), mengucapkan terima kasih banyak kepada Garda Nasdem Kecamatan Sunggal DS, khususnya Ketua Garda Nasdem Kecamatan Sunggal DS H Jasa Wardani Ginting SE, yang sejak dari hari pertama pasca kebakaran, siap siaga dalam membantu kami, baik membantu berupa tenaga, pikiran dan sembako. Selain itu kami juga mendapat bantuan berupa bahan bangunan, seperti : Semen, Seng, Batu Bata, Kayu dan Pasir dari Ketua Garda Nasdem Kecamatan Sunggal DS, H Jasa Wardani Ginting SE. " ungkap Agus Gunawan yang rumahnya turut ludes dilalap si Jago merah.

Saat awak media coba menemui Ketua Garda Nasdem Kecamatan Sunggal DS, mengungkapkan, rasa simpatinya terhadap warga (korban) yang rumahnya ludes terbakar.

"Sebelumnya saya mengucapkan rasa sedih dan perihatin yang mendalam, atas terjadinya bencana Kebakaran yang telah menimpa 7 rumah warga di Jalan Pembangunan Gg. Pelajar Desa Muliorejo Kecamatan Sunggal DS. Apa pun yang kita (Garda Nasdem Kecamatan Sunggal DS) berikan semoga bisa bermanfaat bagi para korban yang rumahnya terbakar dan bantuan yang diberikan bisa sedikit meringankan beban dari warga (korban yang rumahnya terbakar). Jadi saya pun berharap kepada pihak lainnya agar mau turut serta membantu para warga yang rumahnya menjadi korban. Dengan adanya bantuan dari para donatur dan pihak lainnya, agar dapat meringankan beban dari warga yang rumahnya terbakar. " kata Ketua Garda Nasdem Kecamatan Sunggal DS, H Jasa Wardani Ginting SE. Jumat (10/02/2023) siang.

Terpisah saat awak media coba mengkomfirmasi ke pada Camat Sunggal DS, Danang Yudha SSTP, MSP, melalui pesan singkat Whats Aap, terkait kebakaran yang terjadi di Jalan Pembangunan Gg. Pelajar Desa Muliorejo Kecamatan Sunggal DS, menerangkan. "Kami pemerintahan Kecamatan Sunggal bersama Desa Muliorejo sudah melakukan tanggap darurat terhadap korban bencana kebakaran yang terjadi di Jalan Pembangunan Gg. Pelajar Desa Muliorejo Kecamatan Sunggal DS. Jadi saat ini, apa pun gerakan dari Desa Muliorejo sama dengan gerakan dari Kecamatan Sunggal DS, karena semua itu adalah arahan dari Kecamatan Sunggal DS. Kami pun dari Kecamatan Sunggal DS terus berkordinasi dan anggota saya pun sudah bolak-balik kesana untuk melihat dan memantau kondisi serta situasi dari para pengungsi dari korban yang rumahnya ludes terbakar." ucap Camat Sunggal DS, Danang Yudha SSTP, MSP. melalui pesan singkat Whats Aap. Jumat (10/02/2023) sore, sekira Pukul 17.02 Wib.

Atas kejadian kebakaran 7 unit rumah semi permanen yang berada di Jalan Pembangunan Gg. Pelajar Desa Muliorejo Kecamatan Sunggal DS, diperkirakan para korban mengalami kerugian dengan total kerugian Ratusan Juta rupiah.





Reporter : Nanda.
Editor      : S. Siregar.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama