Ini Lah Sosok Polisi Berhati Mulia. Bripka Ami Al Hasir Harahap, Personel Satlantas Polres Simalungun Yang Tolong Pria ODGJ Menyeberang Jalan.



SIMALUNGUN - Metroinvestigasi.com

Bripka Ami Al Hasir Harahap yang merupakan salah seorang personil Satlantas Polres Simalungun ini adalah merupakan sosok dari anggota Polri yang berhati mulia.

Pasalnya tindakan terpuji yang dilakukan oleh Bripka Ami Al Hasir Harahap saat membantu (menolong) seorang ODGJ (pria dengan gangguan jiwa) yang pada saat itu tengah kesulitan untuk menyebrangi jalan umum sempat terekam dan viral di media sosial (Medsos) Instagram akun @Kapolres_Simalungun.

Dalam video tersebut, selain membantu (menolong) seorang ODGJ (pria dengan gangguan jiwa) yang pada saat itu tengah kesulitan untuk menyebrangi jalan umum, Bripka Ami Al Hasir Harahap yang merupakan personil Satlantas Polres Simalungun juga terlihat tengah menenangkan ODGJ tersebut dengan cara memberikan makanan.

Aksi yang diperlihatkan oleh Bripka Ami Al Hasir Harahap mencermin sikap Polri yang profesional dalam melayani dan mengayomi masyarakat.

"Kita selaku anggota Polri merupakan alat Negara sebagai penegak hukum, penjaga keamanan dan kenyamanan serta sebagai mengayomi masyarakat. Jadi Polantas itu adalah merupakan Garda terdepan. Karena Polantas itu merupakan Etalase Polisi Lalu Lintas. Jadi setiap daerah wilayah atau negara menentukan akhlak seseorang itu tercermin dari lalu-lintasnya,” kata Kasat Lantas Polres Simalungun AKP M. Haris Sihite, S.E., via telpon seluler. Kamis (19/01/2023).

Ia melanjutkan, walaupun sebenarnya kejadian itu terjadi (dilakukan) pada saat melaksanakan kegiatan pengaturan arus lalu lintas dipagi hari atau strong point, namun tidakan tersebut merupakan sebagai contoh teladan bagi Polisi - Polisi lainnya, sehingga bisa mengangkat martabat dan citra Polri dimata masyarakat. Oleh sebab itu, ia mengapresiasi perbuatan positif yang dilakukan oleh personelnya tersebut.

"Ini sebagai bentuk dan contoh teladan bagi Polisi - Polisi yang lainnya, sehingga Polisi - Polisi yang lain bisa mencontoh seperti itu. Sebenarnya tidak hanya yang ditolong itu adalah orang-orang memberikan balasan saja, bahkan saya sendiri tidak sempurna tetapi selalu berusaha dalam membantu masyarakat yang tidak mampu,” ujar Haris.

Sementara itu, Bripka Ami Al Hasir Harahap yang merupakan personel Satlantas Polres Simalungun, yang aksinya direkam pada vidio tersebut, mengatakan, " ODGJ (Pria yang mengalami gangguan jiwa) tersebut, pada saat itu hendak menyebrang di Jalan umum Siantar - Medan. Namun, dikarena di pagi hari, sehingga pada saat itu arus lalu lintas atau jalan ini cukup ramai dan dipadati oleh kendaraan, " ujar Bripka Ami Al Hasir Harahap.

Bripka Ami Al Hasir Harahap menambahkan, kalau pada saat itu, ODGJ (pria yang mengalami gangguan jiwa) tersebut, sudah lama menunggu untuk menyebrang dan tidak bisa menyeberang juga, sehingga Bripka Ami Al Hasir Harahap langsung mendatangi dan segera membantu ODGJ (pria yang mengalami gangguan jiwa) tersebut.

"Karena saat itu, saya lihat pria ODGJ (pria yang mengalami gangguan jiwa) tersebut, terlihat panik lantaran tidak bisa menyeberang, akibat arus lalu lintas yang tidak kunjung sepi, maka dengan spontanitas saya pun langsung mendekati dan segera membantu pria ODGJ (pria yang mengalami gangguan jiwa) tersebut untuk menyeberang. Namun pada saat sebelum saya seberangkan, saya lihat sosok pria ODGJ (pria yang mengalami gangguan jiwa) tersebut tengah terlihat panik, sehingga saya pun langsung berinisiatif memberikan makanan kepada orang itu. Sebab jika tidak saya tenangkan terlebih dahulu dengan cara saya berikan makanan, maka saya takut kan kalau pria ODGJ (pria yang mengalami gangguan jiwa) tersebut makin panik, kalau makin panik bisa-bisa malah menjadi liar dan akibatnya pria ODGJ (pria yang mengalami gangguan jiwa) tersebut bisa ditabrak kendaraan yang saat itu tengah melintas, " kata Bripka Ami Al Hasir Harahap, melalui telpon seluler, Kamis (01/19/2023) siang.

Terpisah, Kapolres Simalungun AKBP Ronald, mengatakan, selain tugas pokok dan fungsinya sebagai anggota Lalu Lintas, Polisi sebagai bagian dari masyarakat dan rakyat yang berpancasila memiliki jiwa mengayomi dan memiliki kesadaran untuk tugas-tugas kemanusiaan.

"Demi kemanusiaan sebagai penjaga kehidupan, pembangun peradaban dan pejuang kemanusiaan. Semoga menjadi rule model, dengan tetap memperhatikan Protokol yang ada,” ungkap Kapolres Simalungun AKBP Ronald, membalas Whatsapp, Senin (01/06/2023) siang.


Editor : S. Siregar.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama