Plt Wali Kota Pematangsiantar Bangga Bisa Hadiri Perayaan Maha Thriruvilla Bersama Umat Hindu

SIANTAR II METROINVESTIGASI.COM -

 Plt Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA merasa bangga dan berbahagia bisa menghadiri perayaan Maha Thriruvilla bersama umat Hindu. Perayaan Maha Thriruvilla digelar di Shri Mariamman Kuil, Jalan Diponegoro No 21B Pematangsiantar, Minggu (10/7/2022) sekitar pukul 10.00 WIB.

Acara dibuka oleh salah seorang jemaat, Darmaratz. 

Plt Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA dalam sambutannya mengatakan secara pribadi dan atas nama Pemerintah Kota Pematangsiantar, ia mengapresiasi dan mengucapkan selamat atas digelarnya  acara Maha Thriruvilla. 

"Saya merasa bangga dan sangat berbahagia  bisa berkumpul bersama saudara-saudara umat Hindu di tempat ini," katanya.

Dikatakan Plt Wali Kota Susanti, perayaan Maha Thriruvilla selain untuk penyucian diri agar terhindar dari hal-hal  yang tidak benar, juga merupakan kegiatan sakral sebagai simbol rasa syukur dan penghormatan umat Hindu kepada Sang Pencipta. 

"Kegiatan ini sangat penting, bukan hanya bagi umat Hindu, namun juga bagi masyarakat luas dalam rangka meningkatkan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai ibadah bagi kita. Kegiatan ini juga diharapkan dapat mendorong umat Hindu untuk mengisi jiwanya dengan nilai-nilai keimanan yang implementasinya dapat dilihat dalam pola tingkah laku sehari-hari," terangnya.

Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar, lanjutnya, mengajak semua yang hadir agar senantiasa hidup bersyukur dan menghargai berkat serta karunia yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa. Dengan demikian kebahagiaan akan  senantiasa mewarnai kehidupan. 

"Kami juga berharap acara ini dapat dimaknai sebagai simbol untuk memperkokoh rasa  persatuan dan kesatuan antara umat Hindu  dengan umat beragama lainnya di Kota Pematangsiantar," sebutnya.

Menurut Plt Wali Kota Susanti, perayaan Maha Thriruvilla bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, khususnya untuk wisata religi. Sebab tidak setiap saat kegiatan tersebut dilaksanakan. Hanya ada di waktu tertentu yang telah dijadwalkan. Sehingga  dapat menjadi promosi wisata Kota Pematangsiantar. 

"Hal ini sejalan dengan keinginan kita agar Kota Pematangsiantar tidak sekadar menjadi kota transit wisawatan yang hendak menuju  Danau toba, namun diharapkan menjadi destinasi. Seperti yang telah digaungkan: destinasi yes, transit no," jelasnya.

Masih kata Plt Wali Kota Pematangsiantar, Minggu (10/7/2021) umat Islam merayakan Idul Adha atau Hari Raya Kurban. Di saat yang sama, umat Hindu menggelar acara Maha Thriruvilla. Dan di hari Minggu pula umat Kristiani beribadah ke gereja. Kondisi ini sangat indah karena setiap umat beragama menjalankan ibadah dan perayaan agamanya masing-masing dengan aman dan damai. 

"Inilah salah satu bukti toleransi di Kota Pematangsiantar yang sangat heterogen. Semoga toleransi ini tetap terjaga, bahkan lebih ditingkatkan lagi ke depannya," harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Plt Wali Kota menyampaikan pentingnya menjaga kerukunan dan kesatuan umat, mengingat Kota Pematangsiantar terdiri dari beragam etnis, agama, dan budaya. Jangan sampai terpecah-belah dan mudah terhasut oleh informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

"Mari kita saling menghormati antar pemeluk agama yang berbeda. Mari kita sikapi keberagaman dan perbedaan di antara kita secara arif dan bijaksana. Jangan sampai perbedaan di antara kita menjadikan perpecahan, tetapi jadikanlah perbedaan sebagai perekat untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan, sehingga Kota Pematangsiantar akan selalu terjaga kerukunannya, masyarakat hidup aman dan tenteram. Semoga ke depannya, hubungan antara umat beragama, termasuk umat hindu dengan Pemerintah Kota Pematangsiantar tetap  terjalin dengan baik dan harmonis," tuturnya. 

Plt Wali Kota Susanti mengingatkan agar kerja sama, sinergitas, dan kolaborasi terus dijaga, dirawat, dan bersama meningkatkan kebaikan dan mempercepat terwujudnya Pematangsiantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas demi Pematangsiantar Bangkit dan Maju.

Turut hadir, Pandita Mitun Krisna, Pandita Murti, Pandita Minder, Kapolsek Siantar Selatan diwakili Eko Silalahi, dan
Camat Siantar Selatan Jupiter Sitepu SSTP. 

[ Misno Lubis ]

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama